Senin, 10 Juni 2013

Remaja dan Media



Dewasa ini, media sangat berperan penting dalam kehidupan masyarakat, khususnya para remaja. Banyak dari kita dengan mudah mendapatkan informasi dengan bantuan media. Media dapat menyalurkan berita apa saja sehingga khalayak luas dengan mudah mengetahui informasi apa saja yang sedang up to date. Tidak hanya itu, media juga kerap kali menjadi sarana komunikasi dan menyebarkan berita dengan mudah dan cepat.
Berbicara tentang 100 tahun silam, masyarakat belum begitu dapat dengan mudah menemukan informasi. Itu karena media masih belum tersedia banyak seperti sekarang ini. Zaman dulu orang-orang hanya bisa mendapatkan informasi melalui mulut ke mulut, atau melalui pamflet yang dipajang di sekitar jalan yang ramai di lewati orang-orang. Meskipun hal seperti itu masih kurang efektif, namun media seperti itu sangat jarang sekali memberi efek negatif.
Bagaimana dengan media sekarang? Di era modern seperti ini, tentu media sudah banyak tersedia, entah itu media cetak atau media elektronik, salah satunya Internet. Karena semakin pesatnya penggunaan media bagi kalangan dewasa bahkan anak kecil, sehingga informasi-informasi dengan mudah didapatkan dan dilihat oleh semua kalangan. Informasi-informasi tersebut dapat saja memuat konten yang dikhususkan bagi orang dewasa, namun dengan mudah di akses oleh remaja atau bahkan anak kecil, sehingga dapat saja memberikan pengaruh negatif terhadap remaja maupun anak kecil. Lalu, bagaimana kita dapat mencegah hal itu terjadi? Bisa saja dengan menyaring berita-berita apa saja yang dapat di akses oleh remaja dan mana yang tidak diperuntukkan bagi remaja. Orang tua harus berperan penting dalam mengontrol perkembangan anaknya, karena apabila remaja tidak dapat dikendalikan, maka remaja akan melakukan apa saja sesuai kehendaknya, itu karena remaja masih belum bisa berfikir dewasa. Konten berupa pornografi, perjudian, atau perdagangan ilegal sangat marak di internet, sedangkan internet saat ini dapat dengan mudah di akses oleh para remaja, sehingga besar kemungkinan remaja menemukan konten-konten tersebut. Tentunya, konten tersebut berpengaruh dalam perkembangan remaja. Remaja yang masih belum begitu paham akan dengan mudah mengikuti hal-hal negatif tersebut.
Bagaimana kita sebagai remaja mengatasi hal tersebut? Sebagai remaja yang cerdas, menggunakan media seperti internet justru dijadikan sarana belajar, karena informasi yang dapat di akses di internet sangat banyak sekali, sehingga dapat membantu mengembangkan pengetahuan kita. Dan juga tidak mengakses situs-situs yang diperuntukkan hanya bagi orang dewasa. Kita harus mematuhi aturan dan privasi dari situs tersebut, apabila kita memenuhi aturan-aturan yang berlaku, maka kita dapat mengakses situs tersebut. Menjadi remaja cerdas, adalah remaja yang dapat mengontrol diri sendiri. Banyaklah belajar, dan jadilah generasi yang membanggakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar